Hiruk-Pikuk Semester 6 #1

7:11:00 PM

Hari ini, minggu ketiga saya jadi mahasiswi semester enam di teknik kimia Universitas Gadjah Mada tercinta.

Sejauh ini, saya bisa bilang, semester ini rasanya seru sekali :))
Saking serunya, saya akan menceritakan semester enam ini dalam beberapa part.

Di awal semester, tepatnya di hari kedua masuk kuliah, kita langsung disambut tes POTK. Praktikum Operasi Teknik Kimia. Jadi harus lulus tes ini dulu baru bisa ikut praktikum. Ada 4 soal yang harus dikerjain dalam 60 menit yang mana harus 100% benar jawabannya, baru bisa lulus. kalo nggak lulus? ya harus ikut tes berikutnya beberapa hari kemudian. Gitu terus sampe lulus. Seru kan?  :)))
Kata salah satu dosen, filosofi dibalik tes ini adalah sebagai latihan dimana kita sebagai engineer dituntut harus teliti. Nggak ada toleransi kesalahan. karena salah dikit juga bisa berakibat fatal.
Saya alhamdulillah lulus di tes ketiga berkat komposisi 35% belajar, sisanya doa saya dan orangtua, dan Luck yang diberikan Tuhan. Metodenya drilling latihan 15 soal per-hari, yang makin hari malah makin dikit, karena makin males. yang sering dikerjain juga cuma soal-soal favorit aja. soal-soal susah sekali lewat saja. Saya yakin bisa lulus di tes kedua! Sampe nggak nyatet tanggal tes setelah tes ke-dua. Eh tapi langsung merasa gagal pas liat soal tesnya. Akhirnya saya menurunkan target saya jadi 'lulus tes ke-tiga' tepat setelah selesai tes ke-dua. Dan saya anggap itu tes terakhir saya. jadi lagi-lagi saya nggak nyatet kapan tes berikutnya. Saya drill otak saya dengan typical soal-soal yang paling saya nggak suka, yang paling malesin. doang.  Dan dengan metode ini, saya berhasil :)

Tapi itu baru pembukaan, denger-denger praktikumnya bakal lebih seru lagi. Tunggu ceritanya ya!

Nah, setelah hiruk-pikuk tes POTK berlalu, muncul hiruk-pikuk lainnya. Dosen penelitian.
Baru nafas sebentar, tau-tau sudah dikagetkan sama pertanyaan orang-orang, "Kamu dosen penelitiannya siapa? Si ini udah dapet dosen A lho, si itu juga udah dapet dosen B.." JDARRRRR. Panik. Padahal penelitian seharusnya sih buat semester depan. zzz. Kalo perihal ini baru bisa cerita sampai tahap ini deh. masih di tahap panik. Nanti kalau sudah tenang saya ceritakan.

Hiruk pikuk di atas tadi juga berbarengan dengan hiruk pikuk ngurusin urusan kerja praktek. Proposal dan printilannya. Saya dan partner saya panik ketika sadar kita selangkah lebih lambat, walaupun kami beda jalur. buru-buru nentuin tanggal tanpa mikir apapun. asal beres deh. Tapi sekali lagi, Tuhan membuktikan bahwa rencana-Nya selalu ciamik! kalau saja hari itu saya nggak makan bareng adri, kalau saja hari itu copy-an surat pengantar kerja praktek nggak nyembul di tas saya pas ngeluarin handphone, kalau saja hari itu adri nggak iseng baca-baca surat pengantar itu, mungkin semester 8 saya akan kacau balau nggak karu-karuan. Akhirnya, setelah diceritakan resiko-resiko yang akan dihadapi kedepannya, sekaligus diomel-omelin adri karena milih tanggal tanpa tau konsekuensinya, saya dan partner sepakat memundurkan kerja praktek kami yang tadinya periode akhir januari-maret, menjadi akhir Juli-September. 

Gusti Allah Maha Keren!

You Might Also Like

0 comments