Praksus

10:49:00 PM

di dalam fase POTK, ada yang namanya PRAKSUS aka Praktikum Khusus. disini tiap kelompok yang terdiri dari 5-6 mahasiswa dikasih judul, terus bikin praktikum dari nol. yang sebelumnya harus lewat fase bikin proposal yang disetujui dosen pembimbing dan uji teori oleh kepala lab proses pemisahan, Bapak Wahyudi tersayang <3 p="">

Dulu Adri pernah ngasih saran, sebelum pengundian kelompok praksus, ada baiknya banyak-banyak berdoa. Nggak perlu satu kelompok isinya yang pinter semua, yang penting peduli. Tahun lalu, Adri praksus dengan bahagia karena anggota kelompok yang saling melengkapi. Ada yang jago berpikir out of the box, ada yang rajin bikin proposal, dan dia sendiri jago pemrograman. paket lengkap. 

Nah, kalau saya, saya praksus dengan segala hiruk pikuk heboh panik gatau lagi harus gimana dan lain sebagainya. terlalu 'hore' tapi ya terlalu stres juga. mungkin doa saya kurang banyak. ada dua tanggapan yang paling sering saya dapet ketika nyeritain saya sekelompok sama siapa,
1. ketawa
2. "Ya ampun itu nge-rumpi mulu dah pasti ntar ujung-ujungnya", yang dilanjutkan dengan ketawa juga. 

Kelompok saya terdiri dari 6 orang. dan nggak ada satu pun diantaranya yang berpikir out of the box. pola pikir kita semua itu pola pikir SP. Jadi, langkah pertama yang kita lakukan adalah nyari praksus atau penelitian yang agak-agak mirip sama judul kita, "Pelepasan Pupuk dari Kapsul Pupuk (slow-released)". Sempat ngadep bapak pembimbing, yang ngasih saran agak nggak feasible. ribet nyari-nyari pupuk kapsulnya. Sampai akhirnya stuck di landasan teori dan analisis data yang masih terus dianggep salah oleh dosen pembimbing. karena nggak tau harus gimana, akhirnya kita nanya ke grader OPMP. berkali-kali. mungkin mas-nya sampe sebel. Lha wong dia bukan asisten praksus kita kok ditanya-tanya mulu....tapi dia tetep mau nanggepin :') Kita juga sampai ikut seminar penelitian yang berkaitan sama pupuk. Minta data ke mbak nya yang seminar, Ngejar-ngejar Amin yang lagi nge-lab malem-malem--karena penelitiannya juga berkaitan sama pupuk. Bahkan nanya ke senior yang nggak pernah ngurusin pupuk. Mungkin kelompok praksus saya juga sempat dipergunjingkan karena heboh nya parah. dan nanya-nanya mulu. 

Bahan pembicaraan saya dari hari ke hari kalo nggak pupuk ya pupuk. Sampe kemudian, Naomi ngasih label bahwa kami adalah agen pupuk, yang sedang menjalankan misi untuk memajukan perpupukan di Teknik Kimia, yang harus berkali-kali menghadapi Bapak Pupuk yang nggak kunjung ngasih tanda tangan persetujuan. Oleh karenanya, kami harus minta bantuan kepada penasehat pupuk dan agen pupuk senior. Ada juga sahabat pupuk, yaitu orang-orang yang sering menemani agen pupuk. Oke, wis lah makin hari makin ngawur.
Dan diantara kelompok bimbingannya yang lain, dosen pembimbing kita, alias bapak pupuk, paling doyan berantem sama agen pupuk. Segala pake ngancem-ngancem kalau nilai laporan kita bakal dikorting kalo kita nggak mau ganti boundary condition, ngancem mau diaduin ke pak wahyudi kalau kita males mikir. Padahal seluruh jiwa raga udah sepenuhnya buat praksus. demi praksus.

Banyak bikin keselnya deh praksus ini. kesel sama praksusnya, kesel sama agen pupuk yang nggak peduli sama praksusnya, kesel sama ... ah udahlah. di periode praksus ini, semua orang kalo nggak bete, nyinyir, ya nyebelin. ditambah pas banget sama tanggal-tanggal pms. bukannya saya mau mengkambing hitamkan pms. ya tapi siapa yang nggak emosian kalau badan lengket, muka kusem, dada sesek, perut mules, betis pegel, ditambah kepala pusing gara-gara praksus.

Bagian paling klimaks harusnya pas pendadaran bersama Pak Wahyudi. Tapi berhubung nama saya nggak pernah dipanggil, jadinya nggak ngerasain seru-nya deh. saya cuman maju pas ngasih liat pemrogramannya, yang merupakan hasil comot-comot dari program-program yang udah ada, karena nggak ada yang jago matlab di kelompok pupuk ini, dan yang peduli buat ngulik matlabnya cuma saya -_-

Setelah tiga kali ngadep, akhirnya agen pupuk boleh melaksanakan praktikum. Besok. wuhuuu.
Nah baru habis itu kita akan kembali berurusan dengan bapak pupuk terkait dengan persetujuan laporan praksus :')

doakan :')

You Might Also Like

0 comments