Cerita KKN

10:07:00 PM 0 Comments A+ a-

*bersihin sarang laba-laba di sudut blog*

Setelah absen nulis 2 bulan... buat mulai lagi rasanya susah bangeeet. udah pengen cerita-cerita dari kemarin, tapi nggak tau gimana harus numpahinnya. hehe

Jadi, 2 bulan kemarin saya KKN di Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tim KKN saya ini tim bentukan LPPM. Nggak ada mahasiswa pengusulnya. dan baru banget (terpaksa) kenal setelah tim terbentuk. Tim KKN saya isinya 24 orang, dengan komposisi laki-laki 7 orang, sisanya perempuan. itu pun laki nya nggak 100% laki. Sampai dijuluki KKN Dharmawanita sama temen-temen saya. Asal tunjuk ketua, sekretaris, bendahara dan antek-anteknya padahal masih nggak tau kualitas orang-orangnya seperti apa. Saya sendiri mendadak ditunjuk jadi kormasit di H-7 penerjunan KKN. masih belom tau disana bakal menjalankan program apa, selain program pendataan yang disuruh sama LPPM. Ya pokoknya dari segi kesiapan, tim kami minim persiapan banget. Dana pun seadanya yang dikasih sama UGM. haha miskin lah pokoknya.

Kami dibagi jadi 6 sub-unit di 6 dusun yang berbeda. jadi 1 rumah kepala dukuh di masing-masing ditinggali oleh 4 orang anak KKN. Kebetulan yang tinggal bareng saya perempuan semua. itu yang bikin repot. Saya udah ngerasa paling manja sedunia, eh taunya mereka semua, semuanyaaa jauh lebih manja daripada saya :))

KKN saya hidupnya enak. makanan dimasakin--dan makanannya walaupun sederhana, tapi nggak pernah nggak enak. Sahur dibangunin Bu Dukuh, apa-apa dibantuin. kami diperlakuin udah kayak tamu agung dari langit sama semua orang desa. Mungkin karena disana udah lama banget nggak ada mahasiswa KKN, atau emang pada dasarnya mereka emang sebaik itu :')

Disana, wilayahnya perbukitan. jalannya naik turun berliku liku. Melalui KKN di sana juga, skill nyetir motor saya meningkat jadi bisa nyetir di medan aneh-aneh dan nyetir jauh. Tapi semuanya terbayar karena dimana-mana pemandangannya bagus. sampe kadang suka meleng nyetirnya saking terpukau sama pemandangannya. 

Ada banyak program yang udah kita jalanin baik di Desa Hargomulyo maupun di Dusun Pace B. Capek? jelas. tapi jujur saya seneng jalaninnya. Karena terbatasnya dana, jadi program kita sih sederhana aja. Sesederhana siang-siang bolong jalan kaki dari rumah ke rumah dengan jalan yang kerasa kayak waktu hiking pas jambore, demi pendataan, sembari mengajukan sekitar 70an pertanyaan di tiap rumah, belom lagi harus translate ke kromo inggil, berikut satuan-satuan absurd kayak liri, beruk, yang harus dikonversi ke kilogram. Sesederhana ngajar matematika di SD yang udah mah harus bangun pagi-pagi, sampe nggak mandi karena airnya dinginnya setengah modyar. dateng kesana dikerjain. itu capek. karena mereka --bocah-bocah nakal itu-- selain nakal dan bandel, juga susah dikasih tau dan males ngitung. tapi saya happy-happy aja jalanin itu semua. atau emang saya orangnya gampang dibahagiain? Ah kangennyaaa :')
walaupun ada berbagai macem konflik di tim KKN saya sendiri, konflik dengan tim KKN lain, tapi toh akhirnya semua berakhir happy ending.

Disana, saya belajar banyak hal baru. mulai dari cara nganyam ketupat, nyabutin kacang yang siap panen, bahasa jawa kromo inggil, budaya-budaya dan tradisi serta hal-hal yang nggak pernah saya temui sebelumnya. kayak jatilan, bersih desa alias rasulan, gotong royong bangun rumah, atau kerja bakti ngangkutin batu pasca longsor.
ini klise dan pasti dikatakan sama semua orang, tapi mereka--teman teman KKN, bocah precil-precil nakal itu, keluarga Pak Dukuh, semuanya udah kayak keluarga saya sendiri.
Berat banget rasanya di minggu-minggu terakhir. maunya main-main terus sama warga dan precil-precil. make some memmories. Saya lebih seneng KKN sampe lulus, daripada harus berkutat sama perkuliahan di tekim -_-
Tapi ya, show must go on. 
Saya nangis 3 kali pas hari penarikan KKN. sedihnya luar biasa :')

Mungkin walaupun udah panjang lebar gini ceritanya, tetep nggak bisa mewakili seluruh cerita KKN kita. ntar kapan-kapan kalo sempet dituang lagi deh disini cerita-cerita yang lain di part yang lain. foto foto juga mungkin menyusul. mungkin lho ya. haha

Salam,