Nasi Goreng Kencur

10:14:00 PM




Awalnya tahu ada nasi goreng kencur daari blog yang merekomendasikan menu ini di Cafe d'Pakar Bandung. Pas nyoba ke sana, eh enak! lalu saya browsing resepnya, ternyata ini nasi goreng khas sunda dan gampang banget bikinnya.

Resep ini saya modifikasi,aslinya pakai kecap ikan, saya ganti paka saos tiram. Harusnya ada teri nya juga. tapi saya nggak pake, berhubung ada sisa udang, jadi saya pakai udang.

Tapi surprisingly tetap enak lho hahah, lebih enak daripada nasi goreng yang biasa saya bikin.



Bahan:
Nasi putih dingin
udang, kupas.
telur
saos tiram
minyak (saya pake margarine)
cabe rawit diiris bulat (kalau suka pedes bisa diulek, tapi saya nggak tahan pedes)
kebetulan lagi ada sambel lencong, (sejenis sambel bu rudy kalau yang versi terkenal) oleh-oleh dari surabaya, jadi saya pakai ini biar nggak usah ngulek cabe. (dan berhubung saya nggak bisa makan sambel lencong yang segitu pedesnya, jadi harus dicampur pake masakan lain, hehe)

bumbu dihaluskan:
bawang merah
bawang putih
terasi
kencur
garam

(takarannya kira-kira aja, haha)

Macak-macak
- panaskan minyak/margarine
- tumis bumbu halus(termasuk sambel lencong nya kalau pakai) dan irisan cabe rawit sampai harum
- sisihkan ke pinggir, masukkan telur, goreng sampai berbutir kasar
- masukkan udang, tumis semua sampai udang nya berubah warna
- kalau sudah, masukkan nasi, tambahkan saus tiram, sedikit saja
- aduk-aduk, cicipi. kalau kurang asin, tambahkan garam.

Sudah deh, siap disantap. Biasanya disajikan bareng telur dadar iris (yang kayak di nasi kuning itu lho), tapi berhubung telur di kulkas tadi cuma sisa satu butir saja, jadi yaaaaa udah kepake buat campuran nasi gorengnya.


You Might Also Like

0 comments