Cerita Promil 6 - The Result

1:43:00 PM

Rangkuman dari hampir tiga bulan kami menjalani program hamil: sudah ketahuan masalah utama yang ada, yaitu Teratozoospermia dan PCO, ditambah rahim saya yang retrofleksi. Itu baru yang ketahuan, nggak tau deh masih ada lagi apa enggak. Dan saya nggak tau juga ya keaadaan ini tuh insidentil (karena kecapekan atau gimana) atau selamanya memang bakal begini?

Dalam kasus kami, ini semua masih dipersulit dengan keadaan yang memaksa untuk LDM dan karakteristik pekerjaan kedua belah pihak yang mengharuskan sering lembur dan simatupang (siang malam tunggu panggilan alias on call 24/7), sering business trip terbang ke sana kemari, makan sembrono, jarang olahraga, juga sering terpapar asap rokok dari sekitar yang memang nggak mungkin dihindari. Capek ya udah pasti. Nggak sehat? ya tentu saja. Lengkap kan faktor penghambat buat hamilnya? :))

(Baca cerita lengkapnya di Cerita Promil 3 - Teratozoospermia dan Cerita Promil 4 - PCO).

Makin diperiksain ke dokter memang makin ketahuan masalahnya apa, mungkin ini yang menjadi salah satu ketakutan orang-orang yang lagi program hamil. Tentang siap nggak kalau kita tahu kita punya keterbatasan dan butuh usaha lebih buat punya anak? Itu pun nggak ada garansi usahanya bakal berhasil dan uang yang sudah dibayarkan nggak akan bisa balik. Tapi dengan ketahuan masalahnya dimana, treatment-nya bisa lebih difokuskan. Buat saya, ini jauh lebih melegakan dibanding kasus unexplained infertility.

Tapi ya sudah nggak apa-apa. Mari kita legowo menerima bahwa ada memang orang yang gampang aja hamil without even trying, ada juga yang harus usaha lebih. Sama lah kayak teman-teman kita yang suka tidur di kelas tapi tiap ujian selalu dapet A, sementara kita mati-matian belajar tetep dapet D.

Dari berbagai sumber bilang, 1 dari 8 pasangan memiliki masalah infertilitas, 33% masalah disebabkan oleh pihak laki-laki, 33% dari pihak perempuan, 19% dari keduanya, 15% nya unexplained.  Memang data statistiknya begitu. Kita ini kan hidup juga fungsinya sebagai pengisi data statistik aja :))

Setelah mengetahui ini semua, saya mempersiapkan mental, kalau-kalau memang harus IVF atau bahkan hidup tanpa anak gimana? tapi Hanif bilang kita harus percaya sama kuasa Allah, harus makin kenceng berdoanya, harus makin yakin bahwa nggak ada lagi yang bisa bantu selain Allah SWT. I feel so lucky to have such a loving and understanding partner in this whole thing. He makes our "wait" just a little easier. Knowing what I know now, I would marry him again in a heartbeat. Baby or not.


Saya akhirnya nyari tahu lagi gimana caranya biar doa lebih cepat dikabulkan. Saya berdoa di waktu-waktu yang katanya mustajab, saya doain teman-teman saya yang lagi berusaha hamil juga agar diberi kemudahan, yang lagi hamil juga saya doain semoga selalu sehat dan dilancarkan. Ada hadist yang bilang bahwa dengan ikhlas mendoakan orang lain, manfaatnya akan balik lagi ke kita. Saya sampai bikin tulisan, semacam surat untuk Tuhan, karena konon Allah senang dirayu. Saya susun kata-kata sebagus mungkin, masukin segala macam asmaul husna yang nyambung. Setiap habis sholat, atau setiap ada kesempatan, saya baca itu. Pun kalau memang harus IVF, semoga uang dan kesempatannya ada.

Bisa dibilang kami memang pesimis, kurang ambisius dan pasrah tapi tetap terus berdoa. Kami juga waktu itu mulai makan sehat dan lebih rutin olahraga, awalnya karena Hanif mau mempersiapkan diri buat Medical Check Up test di calon kantor barunya, tapi ya sekalian deh biar promilnya makin ada harapan.

***
Di bulan November, bulan ulang tahun Hanif dan bulan anniversary kami, Hanif akhirnya resmi dapat pekerjaan baru dan harus dikarantina 6 bulan untuk training dan OJT (on job training) mulai bulan depan. Pekerjaan Hanif ini walau salary dan jenjang karirnya cukup menjanjikan, tapi punya resiko harus tinggal di pelosok luar jawa, jadi saya merencanakan tinggal satu atap dulu agar promilnya makin maksimal, dan tentu saja karena capek LDM, sis! Urusan saya mau ngapain abis itu dipikirin pelan pelan sambil jalan aja deh. Lagian saya emang ada rencana resign juga karena beberapa faktor..

Kami anggap ini kado terindah buat Anniversary kami: Lulus LDM. Satu yang kami nggak tahu, ada lagi kado yang lebih indah dari Allah: Ternyata waktu itu adek bayi udah ada di rahim saya walau wujudnya mungkin masih sebesar poppy seeds :")

Kami tuh pesimisnya sampai level merencanakan mau datang di hari ketiga menstruasi seperti arahan dr Edwin, sekalian bilang mau udahan promilnya karena Hanif mau dikarantina. Terus mau tes sperma lagi buat lihat apakah suplemennya kemarin ngaruh, karena kebetulan sudah habis.

Tapi ternyata mens tidak kunjung datang. Hanif bahkan pesimisnya sampai level nggak mau beliin testpack pas tau saya telat mens 2 hari. Alesannya "Malu. Nanti dikira bocah SMA hamilin anak orang" zzz

Saya udah curiga karena rasanya kayak mau mens tapi kok lebih sakit, payudara nyeri luar biasa, dan saya terlalu gampang capek. Jalan di mall sebentar sudah capek. Saya sempat puasa karena pernah nazar kalau Hanif keterima di pekerjaan baru ini, bakal puasa. terus akhirnya lemes setengah mati.

Besoknya saya beli testpack yang bagusan (biasanya beli yg 3ribuan, sekarang yang 10ribu deh). Saya tes sendiri karena Hanif udah pulang ke Jakarta daaan.....


garisnya dua :") Garisnya dua :'')
Even dr Edwin sempat nggak percaya kok bisa secepat itu :))

***

Perjuangan kami memang nggak seberapa dibandingkan sama yang lain, cuma 3 bulan program walau kosongnya hampir setahun. Kayaknya singkat tapi pas dijalani, jujur capek, fisik dan mental.
Apalagi teman-teman yang sudah lebih lama dan lebih kompleks masalahnya.

Jadi nggak usah lah ya, kita komentar basa-basi soal "kok ngga hamil-hamil?" / "Ngapain program segala? mahal! udah tungguin aja" / "Ngapain minum obat ? itu kan bahan kimia, mending minum habattus sauda, madu, akupuntur, pijet, endebray endebrey" / "katanya mau cepet hamil? kok makan indomie?" / "Ngapain sih minum jus? badan udah kayak tengkorak aja sok diet"

IYA BENER ADA LHO YANG KOMEN BEGINI KE SAYA :)

Iya ngerti, ngerti banget kok habattus sauda itu obat dari segala macem penyakit, atau jalur alternatif lainnnya mungkin bisa mendukung biar cepet hamil. Tapi, ya namanya juga usaha. Suka-suka yang usaha lah. Silahkan anda-anda aja yang jalanin kalau menurut anda itu lebih mujarab. Nggak usah lah menghakimi pilihan orang lain. Toh yang saya lakuin juga berdasarkan arahan ahlinya, yang udah sekolah bertahun-tahun. HHHH.

Sekarang sih udah enteng ya, dimaafin ajalah. Dulu kalau yang komentar ini "beruntung" pasti langsung saya semprot. sorry not sorry. sempet emosi banget saya, kok kayaknya kalau nggak hamil tuh dosa banget gitu. Pada nggak bisa gitu biasa aja liat orang nggak hamil-hamil? Emang kalau nggak hamil bisa mengurangi nilai kita sebagai manusia gitu? Kan enggak. kesel :))  Cuma yaudah, kita kan nggak bisa kontrol apa yang mau keluar dari mulut orang lain ya, tapi kita bisa kontrol gimana cara kita nerimanya. Tapi kalau lagi sensi ya, luapin aja lah nggak apa-apa. Kita kan manusia biasa juga yang bisa sedih dan kesel! Enak aja kita capek-capek jaga perasaan orang lain, padahal orang komentar seenaknya :))

Mungkin yang saya share di sini nggak seberapa, tapi semoga bermanfaat dan bisa memberi semangat. Buat seluruh pejuang promil di luar sana, stay positive, keep fighting and have faith. Ingat bahwa kuasa Allah lebih besar dari takdir-Nya. Never give up, never lose hope. Cause anything worth having is definitely worth waiting :)

(Kalau mau baca cerita dari awal promil bisa dibaca di Cerita Promil 1 - Memilih Obgyn dan Androlog)

You Might Also Like

85 comments

  1. Berarti PR tanggal 21 , 23 itu berhasil ya. . Org yg nanya kapan hamil itu sama aja kaya nanya "kapan matahari terbit dari barat?" Balik lagi hamil dan memiliki anak itu hak preogratif Allah. Masyaallah tabarakallah ikut seneng endingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih gitu hahahaha. iyaaa bener. kita cuma bisa usaha, keputusan balik lagi ke Allah

      Delete
    2. Amin Ya Alloh..thanks udah berbagi dan sngt memitivasi aku utk trs berusaha dan berdoa, smg aku bs cpt hamil.Amin..

      Delete
  2. kasus suaminya sama kaya saya cuma 2%

    gelar dulu ahhh tiker mau mantau

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah mash ada peluang hamil kok mba :)

      Delete
    2. Mbak kalo mau gedein sel telur emangnya harus disuntik ya perutnya?

      Delete
  3. Apakah ada dialkukan tes lab sperma kedua?
    Bagaimana hasilnya, apakah ada peningkatan?
    Soalnya saya juga 2%

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak karena alhamduillah keburu hamil duluan hehe

      Delete
    2. sy thn lalu tes hasilnya cuman 1% normal, skrg udh msk 2 thn pernikahan, kemarin istri telat haid 7 hari udh berharap bgt ternyata semalam kembali haid :sad. semoga dipermudah jalannya. amiin.

      Delete
    3. Vitamin bwt suaminya pakai apa ya?

      Delete
  4. alhamdulillah aku baca dari awal , ending nya masya allah. selamat ya ka. doain aku juga. aku juga sama pejuang 2 garis merah.aku uda mau tiga tahun ka.doakan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih ya udah baca :) nulis ini biar kalau ada yang lagi berjuang dan baca paling nggak jadi ngerasa ada temennya :) semangat ya kak aku doain cepet membuahkan hasil :)

      Delete
  5. Alhamdulillah. Hari ini aku lg di posisi kaka, bulan depan tepat 1 taun nikah. Insyaa allah besok mau coba ke dokter di limijati. Doakan ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa semoga berhasil yaaaa, take your time, dinikmatin aja :)

      Delete
  6. Maaf kalau boleh tau itu vitamin 2 juta apa aja ya ka?
    Terus biaya konsultasi ke dokter Adi berapa?
    Soalnya suami saya dirujuk ke dokter Adi juga, kami dari Purwakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, lupa kak. Seingetku suplemennya ada 3 jenis dan buat 30 hari. jadi sebenernya sih gak mahal mahal amat ya haha. Biaya konsul dr Adi waktu aku ke sana sih relatif murah kok, 150 - 200ribu lupaaa hehehe. wow semangat ya kak! semoga usahanya membuahkan hasil

      Delete
  7. Subhanalloh ikut seneng yaa akhirny dikasih rejeki. Sy masih harus berjuang lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya senang! semangat kak, insyaallah ada jalan :)

      Delete
  8. Baru kmrn tgl 10 maret 2020 juga q di vonis sprti suami kaka...
    Cuma 2% dan yg 98% sperma'nya abnormal...
    Rasa'nya lgsg down kak, q di saran'kan ke spesialis andrologi minggu dpan..
    Mohon doa'nya ya kak sm0ga usaha kami promil brhasil...
    Teguran ini mngjarkan bhwa tdk hnya wanita yg srng brmslh, jdi m0h0n jgn bnyk tanya kpn hamil pd wanita...
    Krn q mrasakan sakit ktika tau kalo q trnyta yg brmslh...��
    Mgkn sakit'nya wanita krn prtnyaan trsbt mlbihi skit yg baru aja q rasakan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa sedih dan down tapi jangan lama-lama karena stres juga salah satu penghambat ehehehehe ngomong emang gampang :)) tapi gapapa kak serius, itu bukan vonis akhir koookkk!! masih bisa banget kayak suami akuuu. semangaaaaaat!!!

      Delete
  9. Aku udah jalan 9 bulan married belum ada tanda2 kehamilan, amsyong nya dulu pas married tanggal nya deket2an sama teman2 SMA & teman kantor ada 5orang & 3 orang nya udah ada yg punya baby or lagi hamil. Sedih sih setiap ketemu keluarga & teman2 pada nanya, kapan?? Pada curiga kalo aku nunda, padahal ngga. Selama ini usaha nya baru trans v aja & hasilnya ga ada masalah. Tapi blm kepikiran untuk promil yg kaya mba nya. Tapi salut untuk kegigihan mba & suami. Mungkin yg harus aku tekunin berdoa sama Allah & merayu Allah. Biar nanti pas anniversary pernikahan ada kabar bahagia. Semangat terus ya mba nya ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin.
      Hehe iya aku ngerti rasanyaaa.
      Kamu dan suami juga semangat yaaaa. Insyaallah ada jalan 💗

      Delete
  10. saya pria, juga memiliki kondisi yg sama dengan suaminya mbak, udah jalan 3 tahun menikah, beberapa kali coba promil, boleh saya minta doanya mbak, kami ingin sekali memiliki keturunan, kami ingin kehadiran sosok anak, sehat terus buat mbaknya dan si kecil serta keluarga, semoga bahagia dan berkah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin aaamiiin. Iya aku doain ya maasss mudah mudahan dikasih rezekinyaaa. Semangat maasss coba mungkin sambil perbaikin gaya hidup dan isi piringnyaaa

      Delete
  11. Kasusnya sama kayak saya..uda 5 taun merid, tapi LDM..sempet bbrp kali promil tp gagal...kondisi masnya sama kayak suami saya, klo saya insyaallah beberapa kali pindah obgyn dibilang normal semua.
    Gara-gara pandemi saya dirumahkan, skrg langsung disuruh ikut suami.
    Semoga bisa segera menyusul 🙏
    Oh iya, waktu sukses mbak sm mas apa masih konsumsi obat-obatan dari dokter? Atau cuman nerapin hidup sehat dan hb 2 hari sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin! Waktu sukses setelah hamil maksudnya ya? Enggak krn kebetulan suplemen dr dokternya juga udh abis dari sebelum hamil.

      Delete
  12. Kak mau tanya, waktu konsul ke dokter edwin itu biaya nya berapa? Terus daftar nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun 2018 ya, biaya dokternya sendiri kalau gak salah 180rb + usg transv 100rb. Kayaknya yaaaa. Aku juga lupa hahahaha. Daftarnya lewat mobile apps RS Limijati. Kalau pasien baru harus email dl ke pendaftaran. cara lengkapnya ada di website RS limijatinya

      Delete
  13. Berkat tulisan ini saya jd ga terlalu down lg, kalo kasus saya hanya 3% yg normal. Terima kasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe semangat mas. Mudah mudahan ada rezekinya

      Delete
  14. Alhamdulillah sangat memotivasi saya dan istri. Saya sudah menikah 4,5 taun. Kondisi saya tes sperma pertama teratozoospermia kemudian tes kedua menjadi oligospermia. Karena saya dan istri LDR juga promil ny terhenti. Doain saya kak semoga cepat d beri kepercayaan punya keturunan. Aamiin ya robbal alamin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sambil perbaiki pola makan dan gaya hidupnya mas hehe mudah mudahan ada jalan dan rezekinya ya aku doain aaamiiin

      Delete
  15. Vitamin yg diresepkan dokter utk suami apa namany yah kakk??

    ReplyDelete
  16. Assalamu'alaikum mb...aku baca cerita ini kayak menemukan satu harapan atau boleh di bilang petunjuk dimana kondisi saya dan suami sama persis tapi setelah pemeriksaan suami dengan hasil tsb saya sempat hamil cm g bertahan lama sekitar 11 Minggu..harapannya luar biasa u bisa hamil lagi mohon doanya ini sudah berlalu lebih 1,5 tahun _siska

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam. Iya kak semoga bisa hamil lagi yaaaaahhhh aamiiin

      Delete
  17. I don't know why ikut terharu endingnya, seneng lega gitu. Selamat mbak! It's really inspiring. Even gue yg di tes ga ada masalah apa-apa (baik gue atau suami), juga udah 2 tahun blm hamil. Akhirnya semua kembali ke kuasa Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih mbak. Semoga mbak dan suami juga nanti ada rezekinya🤗

      Delete
  18. Saya divonis pco juga, sedih rasanya. Next kontrol mungkin suami bakal dirujuk test sperma juga. Mungkin doa dan ikhtiar saya juga belum sempurna. Sering lupa padahal mendekati Allah dulu yang paling utama baru usaha lainnya. Terima kasih untuk ceritanya ya mbak, tulisannya berarti banyak buat saya yang lagi down :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mbak. Terimakasih juga sudah baca. Nggak apa apa sedih dulu aja, tapi banyak kok yg pco dan berhasil hamil. Semoga hasil suaminya bagus yaaaa

      Delete
  19. Terimakasih ceritanya, aku juga PCO, lagi program jugaa sehat terus ya tetap berbagi cerita ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiin terima kasih juga sudah bacaaa. semoga ada rezekinya ya kaak semangaaaat

      Delete
  20. Alhamdulillah...Perjuangan Kaka dan Suami kaka Membuahkan hasil dikaruniai momongan.
    Klo Saya mah masih berjuang Ka(10 thn menikah)untuk dapet 2 garis.
    Awal menikah(2010-2015)Pemeriksaan Fertilitas saya Normal.Tetapi thn 2016 jadwal haid saya jd agak berantakan mengalami Amenore Sekunder 3x,USG trans V PCOS diresepkan Metformin dan Inlacin tp Obatnya gak Kuat.efeknya ma'af mual dan muntah.Ma'af ka boleh tau Klo Kaka dulu PCO obat dari Dokternya apa ya?...Suami saya juga sama Teratoozoosperma Sempet ke Spesialis Andrologi RSIA Limijati dr.Herman Wibisono thn 2012(2x Analis)lalu dipending...Kembali lagi RSIA Limijati thn 2015 Tes darah Lengkap hormon,USG testis(Klinik Pramita),Analis Sperma 2 minggu 1x Selama 3 bln.bulan ke 4 menjadi 1 bln 1x dikasih obat(Vitamin dan Suplement)sama Ka 1 bln abis 2jt😬,Suntik hormon Testosteron juga 1 bln 1x hasil memang ada Perbaikan dari Oligo ke Teratoo.hasil kadang naikturun paling rendah 0 % dan paling banyak 13 % Sperma normal.Dari situ Suami gak mau lagi balik ke Rumah Sakit berhubung waktu itu harus bolak-balik Jakarta-Bandung.Ma'af...
    yang saya mau tanyain ke Kaka apakah Suami Kaka pas waktu Program hamil meroko/tidak.klo Suami saya mah susah Lepas dari Roko nya memang per harinya dikurangi dari biasanya.
    Terimakasih Ka...Artikel nya menginspirasi kita jadi Semangat bahwa PCO dan Teratoo juga bisa hamil Alami.Semoga Kaka & Keluarga Sehat selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lupa kak obatnya apa maaf yah. seingetku cuma suplemen untuk mempersiapkan sel telurnya biar bulan depan ukurannya sesuai, dan nggak ada efek mual atau apa sih di aku.
      suami aku tadinya merokok--tapi cuma social smoking aja, pas promil berhenti total. Pas promil juga kita jaga makan banget. kalau PCO dan terato sepengetahuan aku yang paling ngaruh memang gaya hidup dan makanan kak :D
      aaamiin makasih ya doanya, semoga kakak dan suami juga sehat selalu dan tetap semangat promilnyaaa. mungkin bisa coba jaga makan dan coba berhenti rokoknya :D

      Delete
  21. alhamdulillah, senang mba bacanya, akhirnya dapat juga garis merahnya. mba aku mau tanya, aku juga selalu ngikutin aplikasi untuk tau kapan suburnya. terus kalau di cerita mba tanggal 21 dan 23 oktober itu hari keberapa haid yah mba? makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih kak. jujurrrr udah lupa maaf yaaa wkwk

      Delete
  22. Aku juga kmrn habis promil baru pertemuan pertama aku divonis ada kista meskipun kata dokter masih kecil dan bisa disembuhin. Setelah analisis sperma ternyata suami jg teratozoosperma tapi yg normal 3%. Ini lg nunggu manestruasi untuk lanjut kontrol pertemuan kedua. Minta doanya semoga aku segera dpt garis dua jg ya kak 🙏🥺

    ReplyDelete
  23. Kak saya mau tau rincian dari awal promil sampai kaka alhamdulillah berhasil ngeluarin baget brp . Bikinin lagi blognya buat mengira2 para pasutri yang mau promil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi beda2 banget tergantung fasilitas dan kondisi awalnya kaaan. Aku ga terlalu mahal kok krn bener2 cm periksa dan suplemen

      Delete
  24. Suplemen yang diminum suaminya apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 3 jenis kak. Aku lupa hehe dan harus resep dokter

      Delete
  25. Mbakk.. saya baca ceritanya..
    Semoga bisa ketularan juga ya.. 🤗🤗😇😇

    ReplyDelete
  26. MaasyaAllah tabarakallah ka, dedenya pasti sudah lahir ya ka semoga jadi anak yang sholeh sholehah aamiin ��
    Terimakasih ka ceritanya sangat menginspirasi bagi saya pejuang garis 2, insyaAllah saya juga mau coba promil ke dokter besok semoga bisa jadi jalan untuk mendapatkan garis 2 aamiin ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya sudah 2 tahun sekarang usia anakku. aaamiiin. semoga lancar ya mbaaak

      Delete
  27. Emang paling cengeng kalo baca cerita beginian. Aku jg LDM dan menikah sudah 11 bulan. Dari sebelum menikah haid tidak teratur dan durasinya >14 hari. Dalam satu bulan kadang hanya bersih ±7 hari. Sudah konsul 2x ke Obgyn, minum obat & tips² lainnya berdasarkan saran dari dokter & orang lain. Pada saat USG dokter bilang rahimku bagus & tidak ada masalah. Pengen coba USG transvaginal jg tapi di kotaku tidak ada. Mau ke luar kota terhambat PPKM dll. Mudah²an bisa secepatnya hamil secara alami.
    Btw, semoga fika sekeluarga selalu bahagia & selalu dalam lindungan Allah SWT 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiiin aku doain dilancarkan dan ada rezekinya ya kak, terima kasih doa nya. Da yang sama untuk kamu sekeluarga :)

      Delete
  28. Baca dr awal sampe akhir rasanya campur aduk berakhir lega mashaaAllah, bulan lalu masuk bulan ke 10 nikah coba trans v hasilnya baik, dikasih asam folat sama inlacin buat 30 hari, suami analisa sperma hasilnya normal, bulan ini udah telat 4 hari kirain bakalan garis 2 ternyata si merah dateng tadi malem huhu, inshaaAllah hari Sabtu besok mau cek ke dokter lagi liat ukuran telur, doakan aku sama suami ya ka semoga lekas dikasih kepercayaan sama Allah, semoga kakak sekeluarga sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah

    ReplyDelete
  29. Baca dr awal sampe akhir rasanya campur aduk berakhir lega mashaaAllah, bulan lalu masuk bulan ke 10 nikah coba trans v hasilnya baik, dikasih asam folat sama inlacin buat 30 hari, suami analisa sperma hasilnya normal, bulan ini udah telat 4 hari kirain bakalan garis 2 ternyata si merah dateng tadi malem huhu, inshaaAllah hari Sabtu besok mau cek ke dokter lagi liat ukuran telur, doakan aku sama suami ya ka semoga lekas dikasih kepercayaan sama Allah, semoga kakak sekeluarga sehat dan senantiasa dalam lindungan Allah

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah, lega juga baca story kaka, suamiku juga 5% yg normal, sebelumnya di diagnosa astheno, dan skrg sudah normo, tp masih belum puas dgn hasil lab nya,, dan skrg belum kunjung positif juga , doain yaa ka

    ReplyDelete
  31. Wahhh MasyaAllah tabarakallah kak fika ikut bahagia bacanya. Do'ain ya ka aku pejuang garis 2 juga udah setahun nikah dan sedang promil ke spog. Semoga bulan ini segera garis 2

    ReplyDelete
  32. Masyallah,selamat mba.ikut senang.klo suami sy di diagnosis azoospermia dan sy pcos.dan spog mlh bilang satu2nya jln IVF itupun klo sperma suami ada walau cuma 1. 😭 udah down banget persis ky mba,kami penantian 2,5thn.berencana ke Dokter Adi juga bulan ini.doain ya ka, smga bisa cpt menyusul garis 2.dimudahkan rejekinya.aminnn...

    ReplyDelete
  33. Hi kak. Udah beberapa tahun berlalu yaa hehe anaknya pasti udah gede :) anyway thanks for sharing, I just found out suamiku teratozoospermia (1% normal) while aku dibilang PCO dari awal promil. Sedih karena 2019 pernah analisis sperma dan hasilnya normospermia. Kirain masalahnya di aku aja, ternyata skrg nambah ke suamiku. Mudah2an Tuhan segera ridho buat kasih titipan anak ke aku yaa.

    Kalo inget pas masih kuliah, pengen punya anak dua. Skrg, asal dikasih anak yg sehat2 aja uda bersyukur bangett :')

    ReplyDelete
  34. 2022 menemukan tulisan ini, because of what? Karena aku sedang mencari pengalaman pejuang garis dua hehe.. Saya terharu banget dengan ceritanya kak :) Dan di akhir cerita saya pun terbangun lagi motivasi dan kesadaran nya untuk always keep positive thinking ❤️

    ReplyDelete
  35. Terima kasih cerita promilnya sangat menginspirasi 🥲 sehat" terus ya mba dan keluarga..
    Semoga bulan depan aku bisa share cerita promilku juga biar bermanfaat untuk org lain juga 🥲🤲🤲 Ya Allah permudahkan usahaku

    ReplyDelete
  36. Semoga kita semua segera menerima kabar baik untuk pejuang garis 2. Suami aku jg terato 2% udah bolak balik dokter kandungan andrologi bahkan skrng di rujuk ke urologi karna ada riwayat varikokel yg kmungkinan blm pulih.
    Minta doanya yaa semoga segera garis 2. Itu ngonsumsi obat dr andrologi sampe brpa bulan kak baru hamilnya?

    ReplyDelete
  37. bacanya sambil nangis, relate bangeet. jadi ada temannya ngga berjuang sendirian.
    Aku ada riwayat kista ovarium waktu sebelum menikah dan udah diangkat sama ovariumnya juga, jadi sekarang berjuang sama satu ovarium. sudah tes HSG dan hasilnya normal. suamiku diagnosis oligozoospermia dan kelainan ekor sperma 40%. lagi proses ke dr andrologi karena yg obgyn disuruh berhenti dulu sama dokternya sambil obatin ke andrologi, cuma teratur minum asam folat aja skrg. bismillah semoga ada jalannya.
    semangat teman2 semuanyaaa

    ReplyDelete