Semester 7 - 8 - 9 in Quick Review

10:45:00 PM 0 Comments A+ a-

Seharusnya sekarang saya lagi giat - giatnya belajar mempersiapkan pendadaran yang kira - kira dilaksanakan seminggu lagi. SEMINGGU LAGI! oh iya buat yang nggak tau, pendadaran itu sama kayak sidang tugas akhir. dari hasil survey pribadi, kayaknya emang cuma UGM aja yang pake istilah "pendadaran", pas selesai, jadi dadar. Intermezo dulu lah, bosen belajar mulu. padahal ngga belajar juga sih daritadi.................

Well, dulu sih masih sempet aja nyeritain suka duka "Hiruk pikuk semester 6" , sekarang tau - tau udah semester 9, nggak sempet nyeritain apa - apa ........... jadi hiruk pikuk yang dulu nggak ada apa - apanya dibanding hiruk pikuk semester 7 - 8 - 9 yang kampret ini!!!

Let's make a quick review before pendadaran, highlight semester lalu ngapain aja..

1. Penelitian dan seminar
Penelitian ini bukan skripsi. tapi jadi persyaratan lulus juga: harus penelitian dan seminar. Penelitian saya bareng sama riber dan dian, dosen pembimbingnya Prof Wahyudi. Topiknya mengenai kinetika granulasi tepung singkong. Jadi memodelkan secara matematis fenomena granulasi. ya gitu lah pokoknya. Pak Wahyudi ini baek banget aslinya, tapi kalo pas mood nya jelek, kelarrrr semua. Sama kayak pas seminar. dosen lain mah biasanya bantuin mahasiswanya kalo dapet pertanyaan dari audience. Tapi karena Prof Wahyudi ini anti-mainstream, ya.... seminar saya dibantai juga sama beliau. Seminar rasa pendadaran. Tapi tetep dapet A. huahaha. mayan. Ini foto-foto seminarnya :D (maap kalo kualitasnya jelek, males ngeditnya juga x))







2. TPPK
Tugas Prarancangan Pabrik Kimia. Waini, ini baru skripsi atau tugas akhir di tekim. tugas akhir yang sangat menyita waktu. Ngerancang pabrik dari mulai proses, lokasi, analisa ekonomi... ya... kayak lagi ngajuin proposal ke investor buat mendirikan pabrik gitulah kira kira. di jurusan saya, semua mahasiswa yang ngerjain TA periode tersebut, dikasih deadline pengumpulan per tahapan sama jurusan. Kalo lewat dari deadline, dead. nilainya berkurang sekian persen. Ini yang bikin stres, tapi ya bikin kita cepet selese juga sih. Ngerjain TPPK ini paralel sama penelitian saya. dulu sempet begadang 3 hari, tidur jam 3 bangun jam 5. EH TERUS SAKITNYA SEMINGGU. Padahal mepet deadline penelitian dan seminar juga. karena udah mepet, saya paksain lagi ke perpus kampus buat diskusi seminar bareng dian, EH TERUS MIMISAN, di perpus....... yaudah akhirnya pulang istirahat. untung masih bisa seminar tepat waktu :')

Ngerjain penelitian dan TPPK ini rasanya kayak nggak punya idup. eh tapi masih sempet kok nonton konser, dateng ke festival seni, nyambi jadi asisten praktikum OTK (yang rempong itu), masih ngulang kuliah juga, dan sempet dapet pacar pas fase ini juga! hahaha padahal kalo ditanya lagi ngapain jawabannya mesti "lagi baca jurnal", "lagi ngerjain TA", "lagi belajar", "lagi koreksi laporan". kesannya smart banget ya. rajin huahahaha. tapi nggak boong, emang saat itu lagi rajin rajinnya. Yaaa begitulah namanya dewasa, walau jarang ngasih kabar (LINE, telfon, bbm), tapi semua terasa baik baik saja. nggak ada pihak yang ngambek. menyenangkan :)

3. Kerja Praktek (KP)
Jurusan saya emang mewajibkan kerja praktek. kalau teman-teman saya rata-rata mau magang ya karena keinginan pribadi. kalo ini wajib. Saya kerja praktek di Pupuk Kaltim, Bontang Kalimantan Timur. JAUH BANGET? panjang dah ceritanya juga kenapa milih KP disitu. dapet tugasnya juga lumayan susah! tapi worth it lah ilmunya. saya baru KP setelah TPPK selesai, tinggal pendadaran nya. tadinya kalo udah selese pendadaran, niatnya mau jalan jalan ke derawan sekalian. Tapi ya..... berhubung belom pendadaran..... yaudah... pulang buru-buru deh ngejer deadline pengumpulan naskah. di Bontang ini, minim hiburan. Untungnya mahasiswa kerja prakteknya pada doyan jalan-jalan. jadilah kita kalo weekend jalan-jalan. ke pantai dan snorkelling :D
Pulang-pulang gosong. Gosong karena di Bontang panas, di pabrik panas, di pantai PANAS BANGET. tiap pulang kantor muka rasanya kebakar perih :"





Masa - masa yang seru. tapi sekali aja. nggak usah diulang lagi :)