Thesis Defense

3:55:00 PM

Jadwal sidang biasanya udah mulai di minggu kedua tiap bulannya. Jadi saya juga udah mulai belajar dari awal bulan. Tapi ternyata tiba-tiba jurusan bikin kebijakan buat mundurin jadwal, jadi sidang baru dimulai Senin, 20 Oktober karena pihak jurusan lagi sibuk menyambut kedatangan assesor IchemE. IchemE ini semacem akreditasi internasional untuk jurusan teknik kimia gitu. sementara batas yudisium kalau mau wisuda november itu tanggal 24 Oktober, mana belom jahit kebaya wisuda..... Jadwal pribadi saya jadi rusak berantakan. Kata mama, kalo pulang ke cirebonnya (buat jahit kebaya) selesai sidang, yang kira-kira tanggal 23 Oktober, kebaya saya belom tentu bisa selesai tepat waktu. Akhirnya dengan modal nekat yaudah pulang dulu aja demi jahit kebaya, pulang deh tuh tanggal 9 sampe tanggal 13. Nggak belajar.

Pas tanggal 13 saya ke kampus. Eh tiba tiba ada dosen yang protes kok nggak ada mahasiswa yang pendadaran pas IchemE datang (16 - 17 Oktober)......
LAH BEGIMANA. kemaren katanya mundur padahal karena jurusan sibuk mau nyambut IchemE -_-

Pokoknya, dari diskusi panjang siapa dosen yang bisa tanggal segitu, ujung-ujungnya saya dan partner yang ditumbalkan buat ditonton assesor IchemE, Jumat tanggal 17 Oktber. jam 8 pagi. langsung panic attack. ya gimana, waktu belajarnya udah tinggal 3 hari aja!!!

yang lebih bikin panik selain jadwal sidang yang maju-mundur-cantik, tiba tiba risna dapet sms dari pembimbing kita yang bunyinya kira kira
"Fika dan Risna, disiapkan jawaban pertanyaan pendadarannya in english ya. just in case Assesor IchemE punya waktu buat nonton" yang mana smsnya baru kita terima di H-1 sidang.

Mental breakdown.
Yaelah jawab in Indonesia aja belom tentu lancar, segala pake in english. modaro kowe. modaro.

akhirnya hari yang dinantikan itu tiba. Pas opening, dosen pembimbing seperti biasa akan menanyakan pertanyaan standar "sudah siap?" yang dilanjutkan dengan "jadi nanti pendadaran ini berisi 15 menit presentasi, sisanya diskusi, dan khusus pendadaran kali ini, kalau nanti assesor IchemE datang, diskusi akan kita switch in english, begitu kan bapak bapak penguji?Nah nanti kemungkinan Assesor IchemE datang agak siangan, mungkin pas pendadarannya Fika ya? siap kan Fika?"

*senyum senyum getir*

"Topik pertanyaannya kalau bahasa inggris juga akan kami pilih yang kira-kira membuat IchemE tertarik seperti safety dan sustainability pabrik kalian"

modaro kowe. modaro (2). pabrik saya dan risna kan limbahnya banyak dan suka buang buang panas. sama sekali tidak safety dan tidak ramah lingkungan -_-

Pendadaran risna dimulai, Mungkin karena masih pagi, yang nonton cuma 1 orang dan saya diminta menunggu di luar. Sambil menunggu, saya sambil belajar presentasi in english juga. sambil berusaha keras mengalihkan pikiran biar nggak panik. sampai akhirnya giliran saya masuk tiba.

Pas masuk, busett kenapa kursinya udah penuh penonton....
Tapi sebenernya ada banyak yang nonton itu malah bikin agak tenang suasananya. walaupun sunyi senyap, kalau pas saya nggak bisa jawab, saya liatin muka yang nonton trus.... ya nggak nemu jawabannya juga sih. tapi jadi nggak tegang. karena sering dijadiin bahan ketawaan sama penonton -_- dosen pengujinya agak ngocol soalnya.
Daaan... alhamdulillah sampai sidang berakhir dan dinyatakan lulus, Assesor IchemE nggak sempet dateng nonton saya pendadaran karena jadwal mereka padat. Bahagia itu sederhana :')

special thanks buat semua yang sudah mendoakan, mendukung dan ngasih hadiah. happy S.T is happy ^^














You Might Also Like

0 comments